Workshop Inovasi Madrasah untuk Peningkatan Pendidikan yang Adaptif, Berkualitas, dan Kompetitif [ sesi II ]
Transformasi Kurikulum Madrasah; Implementasi KMA 450 Tahun 2024 untuk Pembelajaran yang Berkelanjutan.
MAN 2 Jember sukses menyelenggarakan acara Workshop Inovasi Madrasah untuk Peningkatan Pendidikan yang Adaptif, Berkualitas, dan Kompetitif pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024. Acara sesi II ini dimulai pukul 10.00 WIB. Sampai tiba saat ISOMA, dihadiri oleh seluruh stakeholder MAN 2 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era modern, sejalan dengan kebijakan dan arahan dalam KMA 450.
Narasumber Utama di Sesi II
Pada Sesi II mengambil Sub Tema; Transformasi Kurikulum Madrasah; Implementasi KMA 450 Tahun 2024 untuk Pembelajaran yang Berkelanjutan.
Disampaikan oleh narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, yaitu Bapak Drs. Nursalim, M.Pd.I., Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kediri.
Profil Bapak Drs. Nursalim, M.Pd.I.
- Kepala MAN 2 Kota Kediri (2026 – sekarang)
- Pengalaman Internasional:
- Study Visit ke Senior High School Shense, China (2012)
- Study Visit ke Fisher Technic School (2014)
- Study Visit ke Joensu University, Finlandia (2016)
- Peran di Nasional:
- Instruktur Nasional PKB Kepala Madrasah
- Mentor GTK Berprestasi Kanwil Kemenag Jawa Timur
Dalam Paparannya, Bapak Drs. Nursalim, M.Pd.I. menyampaikan pentingnya peran guru dalam memotivasi dan membimbing siswa untuk menghadapi tantangan zaman. Beliau berpesan agar guru-guru di MAN 2 Jember tak lelah untuk memotivasi anak didiknya, supaya mereka berani menghadapi tantangan zaman, berani keluar dari zona nyaman, demi meraih impian dan harapan. Beliau mencontohkan dirinya sendiri sebagai “Anak Kampung”, anak desa yang berani keluar dari sarangnya. Tak peduli dari mana pun kita berasal, asal ada kemauan, pantang menyerah, terus berupaya dan berdoa, maka Allah Swt. akan memberikan jalan.
Materi Workshop
Materi yang disampaikan dalam workshop ini mencakup berbagai aspek penting dalam pendidikan abad ke-21, yang sejalan dengan visi dan misi MAN 2 Jember serta arahan KMA 450:
🔖 Literasi Baru vs 6C’s:
- Literasi Data, Teknologi, dan Manusia: Menjadi dasar pengetahuan baru yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan era digital. Literasi Data melibatkan kemampuan untuk membaca, menganalisis, dan menggunakan informasi (Big Data) di dunia digital. Literasi Teknologi mencakup pemahaman tentang cara kerja mesin, aplikasi teknologi seperti coding dan AI. Literasi Manusia berkaitan dengan kemampuan dalam humanities, komunikasi, dan desain.
- 6C’s: (Computational Thinking, Creative, Critical Thinking, Collaboration, Communication, Compassion) sebagai penguatan karakter yang diperlukan untuk sukses di era globalisasi. Setiap elemen 6C’s berperan penting dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang kuat.
🔖 Pentingnya Mindset dan Peran Guru:
- Ubah Mindset: Dari pengajar menjadi fasilitator dan kreator, guru diharapkan mampu menginspirasi siswa untuk aktif dalam proses belajar. Pengajar berperan dalam memberikan pengetahuan, fasilitator membantu siswa menemukan dan memahami pengetahuan sendiri, sementara kreator menciptakan dan mengembangkan metode pembelajaran inovatif.
- Peran Guru Abad 21: Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga menjadi instruktur yang menggunakan berbagai metode pembelajaran, desainer teknologi pembelajaran, pengembang keterampilan non-kognitif, dan pemimpin di lingkungan pendidikan. Mereka juga berperan dalam menanamkan nilai-nilai universal dan karakter, serta membangun kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa.
🔖 Manajemen Madrasah:
- Manajemen Kurikulum: Mengelola dan merencanakan kurikulum yang sesuai dengan standar pendidikan nasional dan kebutuhan siswa, sebagaimana diatur dalam KMA 450.
- Manajemen Kesiswaan: Mengelola berbagai aspek yang berkaitan dengan siswa, termasuk penerimaan siswa baru, bimbingan dan konseling, serta kegiatan ekstrakurikuler.
- Manajemen Guru dan Tendik: Mengelola tenaga pendidik dan kependidikan, termasuk rekrutmen, pengembangan profesional, dan kesejahteraan.
- Manajemen Sarana: Mengelola fasilitas dan sarana prasarana untuk mendukung proses belajar mengajar.
- Manajemen Keuangan: Mengelola anggaran dan sumber daya keuangan madrasah.
- Jejaring dan Branding: Mengelola hubungan eksternal dan membangun citra positif madrasah.
🔖 Semangat Belajar dan Pengembangan Siswa:
- Guru harus mampu menularkan semangat belajar mereka kepada siswa, sehingga siswa dapat berkembang dan siap menatap masa depan dengan percaya diri. Guru diharapkan untuk memberikan inspirasi dan motivasi yang kuat agar siswa memiliki keinginan yang besar untuk belajar dan berkembang.
🔖 Integritas Guru:
- Mengutip Parker Palmer, “Good teaching cannot be reduced to technique: good teaching comes from the identity and integrity of the teacher.” Pengajaran yang baik berasal dari identitas dan integritas guru. Ini menekankan bahwa keberhasilan dalam mengajar lebih dari sekadar teknik, tetapi juga dari siapa guru itu dan bagaimana mereka menjalankan perannya dengan integritas.
Kesimpulan
Workshop ini merupakan langkah nyata MAN 2 Jember dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan mengundang narasumber berpengalaman seperti Bapak Drs. Nursalim, M.Pd.I., dan menyajikan materi yang relevan dengan tantangan pendidikan abad ke-21, MAN 2 Jember menunjukkan komitmennya dalam mencetak generasi yang adaptif, berkualitas, dan kompetitif.
Dalam kesempatan ini Bapak Drs. Nursalim, M.Pd.I. juga berkenan mengisi acara PODCAST yang disiarkan di Channel Youtube MAN 2 Jember ;